Home » » Tolak RPP Pengupahan, Besok Puluhan Ribu Buruh Lakukan Aksi Demo

Tolak RPP Pengupahan, Besok Puluhan Ribu Buruh Lakukan Aksi Demo

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Kamis, 15 Oktober 2015

Jakarta,Buruhtoday.com - Ribuan buruh yang tergabung dalam pasukan Garda Metal akan melakukan aksi unjuk rasa sehubungan rencana pemerintah mengesahkan Rancangan Peratusan Pemerintah(RPP) tentang pengupahan, Kamis 15 Oktober 2015.


“Kami sudah menyiapkan 2000 orang pasukan Garda Metal untuk memimpin barisan dalam aksi besok,” ujar Baris Silitonga, yang dikenal sebagai Panglima Garda Metal.

 
Pasukan Garda Metal nantinya akan bergabung dalam aksi massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang sedianya akan memobilisasi 10 ribu anggotanya. Mereka akan berkumpul di bundaran Patung Kuda Indosat pada pukul 10 pagi untuk menuju Istana Negara.
 

Baris mengatakan bahwa target dari aksi tersebut adalah tidak disahkannya RPP Pengupahan menjadi Peraturan Pemerintah. Karena menurut dia selama ini paket kebijakan ekonomi pemerintah lebih pro terhadap kepentingan pengusaha dan dan cenderung menyulitkan kehidupan buruh.


“Target aksi kami adalah RPP Pengupahan ini batal disahkan, dan pemerintah membuat kebijakan yang lebih pro terhadap buruh dan rakyat kecil,” tegasnya.


Selain aksi di Jakarta, Garda Metal juga akan memimpin barisan aksi KSPI diberbagai daerah seperti di Medan, Jawa Timur, Batam, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Belitung, serta berbagai daerah lainnya.

 
Esok pada hari yang sama, beberapa sejumlah elemen serikat buruh sedianya juga akan melakukan aksi di Istana Negara dengan isu yang sama untuk membatalkan pengesahan RPP Pengupahan. Informasi yang didapatkan oleh Kabar Buruh, serikat lain yang akan turun ke jalan adalah Konfederasi KASBI, KSBSI, KP-KPBI. 


“Kemungkinan kami akan bergabung di lapangan nantinya, bersama dengan serikat lain kita akan bertemu di Istana Negara,” tutur Baris. (sumber Kabarburuh.com)
Share this post :

Facebook Comments