Home » » Lurah Buliang, Husein Siregar : Link Hotel Tidak Mengantongi Izin

Lurah Buliang, Husein Siregar : Link Hotel Tidak Mengantongi Izin

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 16 Oktober 2015

Batam,Buruhtoday.com - Rencana warga Perumahan Genta II RW 01, Batu Aji yang ingin memperlebar saluran drainase ternyata disebabkan karena limbah parit dua hotel yakni Sky Inn dan Link Hotel yang dibuang langsung keparit rumah warga. Sehingga menyebabkan bau busuk yang sering tercium warga dan kerap terjadi banjir saat hujan turun.

Lurah Buliang, Husien Siregar membenarkan bahwa pihak Link Hotel sama sekali belum pernah mengatongi izin dari kelurahan, terkait pembangunan rumah genset dan pembuangan limbah yang dimaksud.

  
"Sebenarnya belum ada izin, yang saya tau ya.? Karena secara tertulis belum ada pernah masuk kekantor saya, dan saya tidak tau juga kalau mereka sudah mendapat izin dari RT dan RW setempat." Tegas Husein.


Salah satu warga yang namanya tidak mau dipublis mengatakan, bahwa pengurus RT dan RW Perumahan Genta II sudah pernah melakukan perundingan terkait pembangunan drainase tersebut.


Hal itu dilakukan berkaitan sejak berdirinya dua hotel tersebut, Perumahan Genta II belakang seringkali mencium bau busuk karena genangan air dari buangan limbah Link Hotel.


"Wah, serba salah Bang. Kalau hujan tidak turun bau busuk, dan jentik nyamuk sangat banyak, dan kalau hujan lebat akan banjir."ucapnya.


Ia juga berharap pada pihak Keluharahan dan Kecamatan setempat menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan serius, dan memberikan sanksi pemilik hotel apabila nantinya terdapat kesalahan.


"Lurah dan Camat harus bertindak tegas atas adanya limbah diperumahan warga Genta II, kalau memang salah harus ditindaklanjuti. Karena hal ini sangat serius bagi warga sekitar." pintanya.


Diwaktu yang bersamaan, Syarial Lubis selaku ketua LPM Kelurahan Buliang mengatakan, bahwa dirinya akan menghubungi Camat Batu Aji untuk membicarakan permasalahan yang terjadi. Dan Ia juga akan meminta pada Camat untuk memanggil orang-orang yang terlibat dalam permasalahan ini.


"Saya akan meminta Camat Batu Aji agar memanggil orang-orang yang terlibat dalam permasalahan ini, karena hal ini menyangkut kesehatan masyarakat." kata Syarial.


Semantara itu, Siwo selaku manager Link Hotel melalui Simano selaku kordinator lapangan mengatakan, bahwa pihaknya sudah memiliki semua izin hotel.


'Semua izin kita lengkap, bahkan kita juga ada bak penampungan sementara untuk limbah hotel." kata Simano.


Ia juga menegaskan, setiap bulan petugas dari Bapedalda Batam selalu saja datang melakukan pengecekan atas limbah yang dihasilkan Link hotel, dan selama ini mereka (bapedalda-red) tidak pernah mempermasalahkan.


"Setiap bulan kita selalu dikunjungi Bapedalda untuk melakukan pengecekan limbah, dan tidak pernah ada masalah." jelasnya.

(Red/gr).
Share this post :

Facebook Comments