Home » » Buruh Perkebunan Sawit di Indonesia 70% Masih Berstatus Harian Lepas

Buruh Perkebunan Sawit di Indonesia 70% Masih Berstatus Harian Lepas

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Rabu, 06 Mei 2015

Jakarta,buruhtoday.com - Tingginya tingkat buruh yang berstatus harian lepas diperkebunan kelapa sawit mencapai 70 persen, Sementara komoditas buruh tersebut sudah banyak memberikan keuntungan bagi perusahaan yang bereperasi di Tanah Air.

"Saat ini luas lahan perkebunan kelapa sawit diseluruh Indonesia mencapai 14,3 hektar dengan menggunakan buruh yang bekerja mencapai 10,4 juta orang, maka ada 70 persen buruh masih berstatus sebagai buruh harian lepas (BHL)." kata Direktur Eksekusif Watch Jefri Gideon Saragih dalam keterangan tertulis di Jakarta.Selasa(5/5/2015).

Menurutnya, hal tersebut layak disorot dan dipublikasikan karena kondisi yang dialami buruh tersebut sangat memprihatinkan, sementara keuntungan dan kesuksesan yang dinikmati oleh perkebunan sawit membuat mereka labih kaya.

Ia berpendapat buruh perkebunan sawit mengalami perlakuan buruk dampak hubungan kerja antara buruh dengan perkebunan tidak jelas karena tidak adanya dokumentasi perikatan kerja.

"Kondisi seperti ini mengaburkan pertanggungjawaban hubungan kerja antara buruh dan perkebunan. Ketidakjelasan hubungan kerja ini memunculkan persoalan perlindungan buruh, tidak saja dalam hal perlindungan upah, tetapi juga jaminan kepastian kerja, kesehatan dan hak-hak normatif lainnya," katanya.

Sebelumnya, World Wide Fund (WWF) Indonesia menyatakan petani sawit berskala kecil yang tidak terikat perusahaan merupakan penyebab utama penggundulan hutan dari tahun ke tahun di Sumatra.(sumber Republika.co.id).
Share this post :

Facebook Comments