Home » » Alamak,,,Mau Kerja di Perusahaan Saja Sudah Main Uang

Alamak,,,Mau Kerja di Perusahaan Saja Sudah Main Uang

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Minggu, 26 April 2015

Batam,Buruhtoday.com - Banyak pencari kerja (Pencaker) di Pujaera Batamindo,Muka Kuning,Batam sering di tawari pekerjaan dari oknum-oknum yang mengatasnamakan karyawan perusahaan dengan meminta uang sebesar Rp 2,7 juta langsung kerja.Jumat,(24/4/2015).

Tingginya tingkat persaingan mencari pekerjaan bagi pencari kerja dikota Batam dimanfaatkan bagi oknum-oknum yang mencari keuntungan untuk memperkaya dirinya, oknum-oknum ini sering mengaku karyawan disalah satu perusahaan. dan mereka sering nongkrong di Pusat informasi lowongan kerja(Loker) di Pujasera yang disediakan managemen Batamindo untuk Pencaker.

Menurut nara sumber terpercaya Amokgroup, bahwa modus yang sering dilakukan oknum-oknum ini menegur pencari kerja dengan menawarkan lowongan, namun saat pencari kerja merespon dan berhenti untuk melakukan perbincangan, maka oknum ini pun menawarkan jasa, siapa yang mau kerja tapi harus banyar satu bulan basic.

"Cari kerja  ya de, ini ada lowongan mau gak ? langsung kontrak kerja, tapi harus banyar 2,7 juta." katanya menirukan tawaran oknum yang mengatasnamakan karyawan perusahaan itu.

Menurutnya, susahnya mencari lowongan kerja saat ini dikarenakan oknum-oknum seperti ini sudah banyak berkeliaran dan juga tidak menutup kemungkinan setiap perusahaan yang membuka lowogan pekerjaan hanya modus saja, karena sudah ada kerja sama antara pihak managemen dengan oknum -oknum ini.

"Bisa jadi bang lowongan kerja yang dipajang didepan perusahaan itu hanya simbolisasi saja, karena sudah ada kerja sama dengan pihak managemen, mana mungkin oknum itu berani menjanjikan langsung kontrak kerja kalau mau membanyar yang dimintanya." ujarnya.

Hal senada juga dikatakan G, salah satu pencari kerja yang ditemui di kawasan pujasera Batamindo. Ia mengaku pernah ditawari kerja oleh oknum di salah satu perusahaan dengan menyetorkan sejumlah uang. namun Dia menolak tawaran tersebut karena tidak memiliki uang.

"Jangankan untuk bayar itu pak, untuk makan sehari-hari saja saya sudah kesusahan," ujarnya

Sementara pencari kerja lainnya akibat susahnya mencari lowongan kerja saat ini. Dia rela mau membanyar kalau memang jelas dan langsung kontrak kerja.

Ria 26' mengatakan bahwa dirinya sudah tiga bulan ini belum juga mendapatkan pekerjaan, sebelumnya Dia pernah bekerja selama 2 Tahun di Malaysia tapi karena habis kontrak dia mencoba untuk mencari pekerjaan di Batam.

"Saya mau coba cari kerja di Batam bang, tapi sudah tiga bulan ini saya belum juga mendapatkannya. ya kalau jelas langsung kerja saya mau lah." katanya dengan terseyum manis.

Dia menambahkan bahwa ada temannya yang sudah bekerja dengan membanyarkan uang pada sipemberi kerja pekerjaan karena langsung kontrak satu tahun kerja.tapi Ria enggan memberitaukan di perusahaan mana temannya tersebut bekerja.

 "Kalau langsung kontrak kerja, kenapa tidak mau bang..mau lah..."Jelasnya.

(CJ 020).
Share this post :

Facebook Comments