Home » , , , » Waduh Bahaya..Radiasi Ponsel Dapat Lemahkan Sperma

Waduh Bahaya..Radiasi Ponsel Dapat Lemahkan Sperma

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Rabu, 03 Desember 2014

Buruhtoday.com - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa radiasi ponsel jangan diabaikan, karena akan menurunkan aktivitas sperma jika disimpan di dalam saku celana.

Menurut laporan media asing, sebuah studi yang penuh kontroversial menyebutkan bahwa aktivitas sperma laki-laki akan menurun jika menyimpan ponsel di saku celananya. Dalam studi tersebut, laki-laki yang terkena lingkungan radiasi ponsel, aktivitas normal spermanya akan melemah, sementara mereka yang jarang terkena lingkungan radiasi ponsel justru tidak terpengaruh.

Fiona Matthews, peneliti dari University of Exeter, Inggris, mengatakan, "Dunia ini memiliki pengguna ponsel yang sangat besar, radiasi ponsel yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia perlu diverifikasi. Penelitian terkait yang memiliki bukti kuat itu menyebutkan bahwa radiasi elektromagnetik frekuensi tinggi yang dihasilkan ponsel akan berdampak negatif pada kualitas sperma laki-laki."

Namun, para ahli meragukan hasil penelitian tersebut, mereka mengatakan masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahaya radiasi ponsel terhadap kesuburan sperma.

Radiasi elektromagnetik yang dilepaskan ponsel dalam bentuk gelombang radio, telah dibuktikan ilmuwan bahwa ultraviolet dan sumber sinar-X mengandung bahaya tertentu terhadap tubuh, namun, para ilmuwan masih belum bisa memastikan ancaman kesehatan akibat jenis radiasi yang tidak sama yang dilepaskan gelombang radio ponsel.

Sejumlah studi menyebutkan, bahwa radiasi ponsel berhubungan dengan masalah kesehatan, misalnya : sakit kepala, hipertensi, meningkatkan rasio terjadinya kanker, menurunkan kesuburan pria. Saat ini, para ilmuwan melakukan analisis sistem terhadap 10 item yang melibatkan 1500 pria, untuk menguji hubungan antara kesuburan pria dengan penggunaan ponsel, mereka mengukur kualitas sperma dalam tiga cara : motilitas, kesuburan dan konsentrasi sperma.

Para peneliti kemudian membagi laki-laki yang diuji dalam dua kelompok : paparan radiasi ponsel setiap hari kurang dari satu jam, dan paparan radiasi ponsel setiap hari selama lebih dari 1 jam.

Aktivitas sperma laki-laki biasanya bertahan di kisaran 50-85%, namun, di bawah paparan radiasi ponsel elektromagnetik, aktivitas sperma menurun 8%, aktivitas sperma berada di kisaran 42-77% ; kesuburan menurun 9% ; konseentrasi sperma tidak terpengaruh.

Menurut peneliti, panas yang dihasilkan oleh radiasi elektromagnetik adalah factor utama yang menyebabkan turunnya aktivitas sperma laki-laki. Di dalam saku celana pria, panas yang dilepaskan oleh ponsel akan menyebakan suhu buah zakar naik, studi terkait menunjukkan bahwa kenaikan suhu pada kantung kemaluan dan buah zakar akan berdampak negatif pada kualitas sperma.

Di bawah paparan langsung radiasi elektromagnetik juga akan menghasilkan zat kimia yang disebut Reactive oxygen species (ROS), meningkatnya ROS di dalam sel akan menyebabkan kerusakan terhadap DNA. Saat ini, studi terbaru ini dipublikasikan di majalah "International Environmental"edisi terbaru. (sumber kenalsatu.com).
Share this post :

Facebook Comments