Home » , , , » KSBSI Riau Akui Buruh Siap Bersaing Dengan Pekerja Asing

KSBSI Riau Akui Buruh Siap Bersaing Dengan Pekerja Asing

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 13 Desember 2014

Pekanbaru,Buruhtoday -  Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBI) Riau menilai SDM pekerja siap bersaing dengan Tenaga Kerja Asing (TKA). dan akan melakukan MoU dengan Badan Nasional Standaritas Profesi (BNSP) untuk meningkatkan akreditas pekerja.

Patar Sitanggang selaku ketua Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia ( KSBSI Riau ) mengatakan, Kita siap bersaing dengan pekerja asing. Buktinya kalau dulu yang mendominasi sebagain besar diperusahaan itu adalah orang asing, sekarang mereka sudah mulai tergeser. Berarti pekerja kita mampu untuk melakukan hal yang sama dengan mereka,jelasnya.

Dirinya mengakui bahwa kemampuan tenaga kerja Riau pada umumnya punya skil baik dan mendukung. Hanya saja tingkat etos kerja dan sering berbenturan dengan kesejahteraan hingga menurunkan semangat dalam kerja.

Selanjutnya, Patar mengaku pemerintah harus sportif dalam bertintak. Jika nantinya akan diterapkan standarisasi profesi dalam bekerja, maka pekerja asing yang masuk ke Riau juga harus punya standarisasi yang jelas, dan itu ditetapkan langsung oleh pemerintah.

"Kalau asing masuk seenaknya saja tergeserlah buruh-buruh kita nantinya," tambahnya.

Patar mengakui bahwa selama ini para buruh dituntut memiliki sertifikasi yang sifatnya swasta, sementara biaya yang akan dikelurkan tidak pula sedikit. 

Dia menjelaskan untuk ikut sertifikasi profesi lewat lembaga swasta akan menghabiskan anggaran seitar Rp. 7 juta hingga Rp. 8 juta. "Manalah terjangkau bagi buruh-buruh dengan uang sebanyak itu," katanya.

(sumber Bertuahpos.com)
Share this post :

Facebook Comments