KSPI : Buruh Siap Bersinergi Dengan Parlemen - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Kamis, 27 November 2014

KSPI : Buruh Siap Bersinergi Dengan Parlemen

Jakarta,Buruhtoday.com – Konfenderasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan siap bersinergi dengan parlemen untuk mewujudkan kesejahteraan buruh dan masyarakat.

Muhammad Rusdi yang juga sekertaris konfederasi serikat pekerja Indonesia (KSPI) mengatakan dalam siaran pers dijakarta,Kamis(27/11) seluruh elemen buruh siap bersinergi dengan parlemen melalui gerakan ekstra parlementer untuk mewujudkan kesejahteraan buruh dan rakyat.

" Ada semangat baru dari Komisi IX DPR untuk memperjuangkan hak-hak buruh dan rakyat. KSPI dan elemen buruh lainnya siap bersinergi," kata Muhammad Rusdi.

Pada hari sebelumnya,Rabu (26/11), rapat dengar pendapat umum (RDPU) yang dilakukan komisi IX DPR bersama KSPI yang dipimpin langsung oleh Dede Yusuf selaku ketua komisi IX DPR RI menghasilkan empat kesimpulan yang disebut sebut menjadi komitmen dalam merespon permasalahan buruh dan rakyat.

Dalam siaran pers dari KSPI juga menyebutkan bahwa Komisi IX sangat mengapresikan dari masukan KSPI tentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi terhadap kesejahteraan pekerja termasuk di dalamnya upah minimum.

Masukan dari KSPI akan menjadi referensi Komisi IX saat rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) dengan mitra kerja terkait.

Komisi IX juga menyatakan penolakan tegas terhadap tindakan represif yang dilakukan polisi terhadap pekerja yang menyampaikan aspirasi mengenai kenaikan harga BBM di beberapa daerah. Hal itu akan disampaikan kepada komisi III yang lebih berwenang.

Selain itu, Komisi IX juga menyatakan penolakan mereka terhadap kenaikan harga BBM karena menimbulkan efek yang memprihatinkan terutama kepada para pekerja dan masyarakat lapisan menengah bawah.

Terakhir, Komisi IX akan mengagendakan RDP dengan Dewan Pengupahan DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk mengevaluasi survei kebutuhan hidup layak (KHL) supaya disesuaikan dengan kenaikan harga BBM.

Aksi unjuk rasa dilakukan buruh yang bergabung dalam KSPI, KSPSI, KSBSI, SPN dan 35 federasi serikat pekerja tingkat nasional yang sedang mempersiapkan Mogok Nasional pada tanggal 10 Desember yang akan diikuti oleh lima juta buruh lebih di 20 provinsi dan 150 Kabupaten/Kota bila pemerintah tidak memenuhi tuntutan buruh.

 Selain di Jakarta, aksi buruh juga dilakukan serentak di 10 kota besar seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Batam. (sumber Beritasore.com)