Home » , » PT Gentong Gotri Banyar THR Buruh Hanya 40%

PT Gentong Gotri Banyar THR Buruh Hanya 40%

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 25 Juli 2014

Semarang,Buruhtoday - Tunjangan Hari Raya (THR) ratusan buruh PT Gentong Gotri akhirnya hanya dibayar 40%, atau sekitar Rp 490.000 dari jumlah yang seharusnya dibayarkan yakni sebesar Rp 1.225.000, keputusan tersebut berdasarkan hasil negosiasi antara buruh dan perwakilan perusahaan di sela-sela aksi demontrasi buruh pada Kamis (24/7).

Padahal menurut kesepakatan antara tiga perusahaan rokok di Semarang yang tergabung dalam Persatuan Perusahan Rokok Semarang (PPRS) yakni PT Prau layar, Bentoel dan PT Gentong Gotri telah diputuskan bahwa THR para buruh di ketiga perusahaan rokok tersebut untuk tahun ini dibayar sebesar Rp 1.225.000.

Perwakilan pihak PT Gentong Gotri Purwanto mengatakan, keputusan tersebut terpaksa dilakukan karena perusahaan sedang mengalami masa sulit, dia mengaku dalam sebulan terakhir perusahaannya tidak melakukan produksi dan penjualan. Meski begitu pihaknya berjanji untuk melunasi kekurangan THR sebesar 60% tersebut paling lambat tiga minggu seletah lebaran, sesuai dengan yang tercantum dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Budihartanto Wongsosuhendro Direktur utama Perusahaan yang mempunyai pabrik di Semarang, Kudus dan Banten tersebut. Adapun mekanisme pembayarannya akan dibicarakan bersama selama tenggat waktu tersebut.

"Pada Prinsipnya perusahaan mau bayar, sesuai kesepakatan tadi, kami menyanggupi untuk membayar kekurangan THR itu tanggal 19 Agustus nanti," katanya.

Sementara perwakilan buruh Muhrom, mengaku kurang puas dengan keputusan tersebut, tetapi pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa, terpenting menurutnya pihak perusahaan bisa melunasi kekurangannya. "Ya kami sudah berusaha, ya mau bagaimana lagi, ini perusahaan memang sudah parah kondisinya," katanya. (suaramerdeka.com)

Share this post :

Facebook Comments