Home » , » 12 Buruh PT WI Datangi Disnakertranduk Riau Karena Tak Dapat THR

12 Buruh PT WI Datangi Disnakertranduk Riau Karena Tak Dapat THR

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 25 Juli 2014

Pekanbaru,Buruhtoday - Sebanyak 12 dari 28 buruh perkebunan kelapa sawit PT Wasundari Indah (WI) yang beralamat di Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Kamis (24/7/14), mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertranduk) Riau.

Para karyawan yang kebanyakan kaum perempuan ini meminta bantuan Kepala Disnakertranduk Riau untuk memanggil pihak menajer PT WI dan mendesak mereka untuk dibayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri.

''Lebaran tinggal 4 hari lagi. Tetapi sampai hari ini kami belum mendapatkan THR. Mana baju anak-anak belum dibeli lagi,'' tukas Lima, salah satu buruh perempuan yang mempertanyakan THR mereka tersebut.

Dalam aksi menuntut pembayaran THR ini, pekerja perempuan ini mengikutsertakan anak-anak mereka yang masih berusia balita. Sempat terjadi ketegangan, ketika tiba di Posko Pengaduan THR, di lantai dasar kantor Disnakertranduk Riau, mereka berteriak-teriak dan memukul meja.

Petugas Disnakertranduk Riau mendatangi mereka mengingatkan untuk tidak melakukan tindakan anarkis. Karena barang-barang yang berada di dalam ruangan itu merupakan milik negara. Jika mereka merusaknya akan berurusan dengan negara.

Setelah menunggu hampir 2 jam, pihak direksi dan manajer PT WI yang telah dihubungi Disnakertranduk Riau tidak kunjung datang.

Sementara kuasa pekerja yang menuntut THR, Ketua Pengurus Cabang (DPC) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 Kabupaten Kampar, Edyson Efrizal saat ditemui wartawan di sela-sela aksi tersebut, mengatakan hingga kin belum ada keterangan resmi dari pihak jajaran direksi PT WI tentang tidak diberikannya THR untuk 28 karyawannya.

''Padahal menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.PER.04/MEN/1994 tentang THR menyebutkan masa kerja secara keseluruhan lebih dari 3 bulan berhak mendapatkan THR,'' tegasnya (riauheadline.com)
Share this post :

Facebook Comments