Setiap Hari 500 Ton Beras Import Selundupan Asal Vietnam Masuk Batam - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Selasa, 04 Oktober 2022

Setiap Hari 500 Ton Beras Import Selundupan Asal Vietnam Masuk Batam


BATAM - Salah satu pedagang beras di pasar induk beras Cipinang, Jakarta Timur mengatakan masih banyak beras selundupan yang masuk ke Indonesia secara Ilegal, beras tersebut masuk berasal dari Asia yakni Negara Vietnam.


“Kalau mau jujur, beras ini ngeri-ngeri sedap. Dibilang cukup (ya) cukup, dibilang kurang (ya) kurang. Di Batam 90 persen (beras) selundupan, dari Vietnam. Saya juga ikut. Kalau nggak ikut, merek saya bisa mati,” ucap Bily Haryanto, salah satu pedagang beras di Cipinang, Senin, (3/10/2022).


Pedagang asal Sragen itu menjelaskan tidak ada pengkategorian khusus soal jenis beras yang masuk ke Batam. “Beras apa saja masuk, ngga ada khusus,” ucapnya.


Setelah sampai di Batam, beras akan disalurkan ke beberapa wilayah, seperti ke daerah Jambi. “Jambi ada pelabuhan untuk selundup, Kuala Tungkal namanya. Itu untuk pulau-pulau sekitar," kata Billy.


Namun, untuk daerah pulau Jawa, ia memastikan beras selundupan tidak bisa masuk karena adanya pengawasan ketat oleh pemerintah.


"Kalau Jakarta ketat sekali, pasti lapor Presiden. Kalau ke Jawa 1 kilo pun ngga berani mereka, pasti Presiden marah. Untuk pulau-pulau sekitar, Batam, Selat Panjang, Tanjungpinang, Dumai itu sama, ucap Bily.


Ia juga mengklaim terdapat sekitar 500 ton beras impor selundupan yang bisa masuk ke Pelabuhan Batam setiap harinya. Terkait harga beras itu sendiri, harga beras disebut lebih murah Rp 2.000 per kilogram.


“Bedanya jauh, murah," ucapnya. (Artikel dikutip dari Tempo.co).


Isu beras impor selundupan ini sudah bukan rahasia lagi di Batam. Beras import tersebut disinyalir menjadi bisnis empuk bagi para mafia untuk memperkaya diri. Tak hanya lebih murah dari beras lokal, para mafia beras selundupan ini pun diduga kuat melakukan pengoplosan beras dengan merek-merek yang sudah ada.


Pantauan awak media ini, dalam beberapa pekan terakhir, beberapa gudang beras yang diduga pelaku import selundupan beras melakukan aktivitas bebas tanpa ada pengawasan dari pihak-pihak terkait.


Gudang-gudang beras tersebut terdapat diwilayah Bengkong dan Batu Ampar sekitarnya. Seperti yang terjadi di lokasi Batu Ampar, aktivitas truk lori atau truk box setiap harinya melakukan bongkar muat beras dengan berbagai merek. Dan dilokasi juga terdapat kontainer yang diduga berisi beras import selundupan dimaksud.


Humas Bea Cukai Batam, Undani saat dikonfirmasi akan nomor kontainer yang ada disalah satu lokasi gudang beras di daerah bengkong mengarahkan awak media untuk mengikuti prosedur yang sudah disediakan untuk mendapatkan data.


"Utk permintaan data dapat mengajukan permohonan melalui portal PPID utk menjamin keterbukaan informasi publik," ujar Undani, (24/9/2022) lalu, menjawab pesan konfirmasi awak media ini.


Namun setelah awak media ini mengikuti saran humas Beacukai tersebut dengan membuka link yang diberikan, sistim PPID tersebut kemudian menyarankan agar media ini membuat surat tertulis.


"Pakai mekanisme PPID, Permohonan informasi publik," pungkas Undani.


Editor red.
Sumber Sentralnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar