Peringatan HUT RI Ke-75 Dilaksanakan Sesuai Protokol Penanganan Covid-19 - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Selasa, 28 Juli 2020

Peringatan HUT RI Ke-75 Dilaksanakan Sesuai Protokol Penanganan Covid-19

BATAM - Dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia ke-75, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Di antaranya upacara bendera yang akan digelar di Lapangan Engku putri Batam, Senin (17/8/2020) mendatang.

Agar kegiatan lancar, rapat koordinasi lanjutan kembali digelar di Ruang Rapat Hang Nadim Kantor Walikota Batam, Selasa (28/7/2020) pagi. Rapat ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid yang juga dihadiri perwakilan TNI-Polri dan pihak-pihak yang terlibat dalam rangkaian peringatan peringatan HUT Republik Indonesia ke-75 tingkat Kota Batam Tahun 2020.

Jefridin menyampaikan, suasana peringatan HUT Republik Indonesia tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan masih dalam kondisi pandemi. Untuk itu pelaksanaan seluruh rangkaian peringatan HUT ke-75 tingkat Kota Batam akan dilaksanakan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.

“Walau demikian kita peringati HUT Kemerdekaan dengan penuh khidmat. Sehingga rasa memiliki maupun rasa patriotisme akan terus berkobar, terkhusus bagi kita yang ada di Batam,” harap Jefridin.

Terkait upacara bendera, Wali Kota Batam Muhammad Rudi akan bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada upacara detik-detik proklamasi yang akan dimulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Sementara Irup pada upacara penurunan bendera yang dilaksanakan pukul 17.00 WIB adalah Wakil Wali Kota Amsakar Achmad.

Jefridin menyebutkan pentingnya peran medis pada rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan kali ini. Maka ia berharap peran aktif petugas medis yang telah mendapat tugas. Baik perihal preventif sebelum kegiatan maupun kemungkinan yang akan terjadi pada saat acara, seperti pada saat upacara bendera.

“Petugas upacara akan menjalani rapid tes, sementara peserta upacara dan pengunjung periksa suhu tubuhnya ketika akan masuk area upacara,” imbuhnya.

Ia juga meminta mobil ambulan disiagakan, bahkan jumlahnya diperbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Pakaian hazmat juga disiapkan di ambulan. Ini sebagai upaya kita semua terkait hal yang tidak diinginkan,” terang dia.

Menurut dia, tidak hanya pada saat upacara tahapan persiapan upacara juga mesti diperhatikan, seperti pelaksanaan gladi acara pada tanggal 13-14 Agustus 2020.

Selain itu, perhatian serupa juga diharapkan dapat diterapkan pada kegiatan-kegiatan lain yang termasuk dalam rangkaian peringatan HUT, seperti Pawai Obor maupun Renungan Suci.

Untuk pawai obor akan digelar Minggu (16/08/2020) sekitar pukul 19.30 WIB. Rute pawai melewati Jalan Raja Haji Fisabilillah, yang dimulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Bundaran Madani, Batamkota. Pembawa obor melibatkan perwakilan dari tiga matra TNI dan juga dari Polri.

Sedangkan kegiatan renungan suci akan digelar di Taman makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang Kota Batam, Batuaji pada Minggu (16/8/2020). Kegiatan akan dimulai dari pukul 23.30 WIB hingga selesai.

“Pada prinsipnya seluruh kegiatan kita laksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan kegiatan,” harap dia.


Sumber : https://mediacenter.batam.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar