Ketua RW Ajak Masyarakat Bersama Jaga Posyandu yang Dibangun Pemerintah - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Rabu, 15 Januari 2020

Ketua RW Ajak Masyarakat Bersama Jaga Posyandu yang Dibangun Pemerintah

BATAM - Posyandu sudah dibangun, maka tanggung jawab warga sekitar untuk menjaganya. Termasuk menjaga pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggal.
Pesan ini disampaikan Ketua RW 06 Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa, Kamari saat peresmian Posyandu Nusa Indah 23 di Perumahan Jasinta, Rabu (15/1/2020).
“Posyandu sudah dibuat pemerintah. Saya harap masyarakat RW 06, kita sama-sama menjaga lingkungan kita ini. Supaya kita tetap selalu sehat. Kita sendiri yang harus menjaga posyandu ini,” tuturnya.
Sementara itu Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berharap kehadiran posyandu ini dapat membawa kebahagian bagi masyarakat. Pembangunan posyandu ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan khususnya bagi ibu dan anak.
“Posyandu harus banyak supaya tidak perlu jauh-jauh datang ke Puskesmas. Kalau ada posyandu lebih terbantu,” kata Rudi.
Saat ini, sambungnya, pemerintah pusat sedang mempersiapkan negara menyongsong 2045. Pada masa itu, Indonesia akan dihadiahi bonus demografi. Yaitu jumlah penduduk yang besar dengan angka usia produktif tinggi.
Manusia Indonesia yang menjadi penduduk usia produktif saat itu adalah bayi dan balita di masa ini. Karena itu, persiapan anak-anak menyambut 2045 perlu diperhatikan dari sekarang. Termasuk dalam hal kesehatan yang perlu dijaga sejak dini bahkan dalam kandungan.
“Jumlah penduduk Batam sekarang 1,3 juta. Sampai 25 tahun diperkirakan 2 juta pertambahannya. Urus 1,3 juta saja susah. Apalagi 3 juta. Siap tidak Batam menghadapi ini,” ujarnya.
Menurut Rudi, apabila 3 juta lebih penduduk tersebut punya pendidikan dan kesehatan yang sempurna, tidak akan menjadi masalah. Tapi seandainya dua poin penting ini tidak dijaga, maka dapat menjadi beban bagi pemerintah kelak.
“Maka harus kita siapkan. Siapa yang menyiapkan? Ibu-ibu yang punya anak. Dan ibu-ibu kader posyandu ini. Saya titip pada ibu-ibu. Jangan nanti karena yang datang bukan anak kita, kita abaikan saja. Anggap semua anak ini anak kita, anak bangsa. Jaga anak-anak ini. Karena 2045 dia yang akan memimpin kita. Jaga dengan baik,” pesan Rudi.
Ia menekankan bahwa semua yang dibangun pemerintah ini bukan untuk keuntungan pribadi. Tapi semua dilakukan untuk kepentingan masyarakat Batam.
Pada kesempatan tersebut, Rudi juga mengingatkan tentang pentingnya kehati-hatian menyebarkan informasi. Terutama di masa-masa seperti sekarang yang memasuki tahun politik. Ia berharap tidak ada warga Batam yang bermasalah hukum akibat penyebaran fitnah, ujaran kebencian, dan sebagainya.
“Jangan ikut-ikutan ya Bapak Ibu,” pesannya.
Usai dari Perumahan Jasinta, Rudi melanjutkan perjalanan ke Kabil Raya. Di sini, ia meresmikan Posyandu Nusa Indah 17 RW 07 Kabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar