Rudi : Birokrasi Harus Berubah, Bangun Nilai Baru dalam Bekerja - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Jumat, 29 November 2019

Rudi : Birokrasi Harus Berubah, Bangun Nilai Baru dalam Bekerja

BATAM - Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diajak untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Pesan ini disampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo dalam Upacara HUT ke-48 Korpri di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jumat (29/11/2019).
“Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linear. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan,” ujarnya.
Anggota Korpri juga diminta untuk terus menerus bergerak mencari terobosan dan melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit, dan yang menyulitkan rakyat, harus dipangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi.
Menurutnya orientasi birokrasi harus betul-betul berubah. Bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi.
Karena itu ukurannya adalah bukan lebih baik dari sebelumnya tapi lebih baik dari negara lain yang menjadi saingan kita.
“Saat ini, kita berada di dunia yang berubah dengan cepat, yang sangat berbeda dengan dua puluh, tiga puluh, atau empat puluh tahun yang lalu. Revolusi industri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan. Persaingan antar negara juga semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar, dan memperebutkan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya. Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cata-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru. Kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci. Cara-cara lama yang monoton, yang tidak kompetitif, tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain,” kata dia.
Usai upacara, para peserta menikmati kuliner gratis yang disiapkan Korpri Kota Batam. Ada sekitar 4.000 makanan yang tersedia.
Selain itu juga diserahkan hadiah bagi para pemenang lomba HUT ke-48 Korpri. Lomba sudah dilaksanakan sejak awal November. Antara lain lomba paduan suara, futsal, badminton, tenis meja, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Panca Prasetya Korpri, dan domino.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar