Pemko Batam Resmikan RPH dan RPU di Sei Temiang - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 01 Maret 2019

Pemko Batam Resmikan RPH dan RPU di Sei Temiang

BATAM - Pemerintah Kota Batam mulai mengoperasikan rumah potong hewan (RPH) dan rumah potong unggas (RPU) yang berada di Sei Temiang, Sekupang. Peresmian RPH dan RPU ini dilaksanakan Kamis (28/2/2019).
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam, Mardanis mengatakan RPU ini mampu melayani pemotongan unggas hingga lima ribu ekor. Ia akui angka ini masih jauh dari kebutuhan Kota Batam yang mencapai 50 ribu ekor per hari.
“Tapi sekarang ada yang punya MUI juga, yang bisa memotong hingga 10 ribu ekor setiap harinya,” kata Mardanis.
Ia mengatakan untuk penuhi kebutuhan di Kota Batam, ada tiga perusahaan yang berminat untuk membangun RPU. Mereka tertarik karena ingin bersama-sama penuhi kebutuhan warga.
Rumah potong yang dikelola Pemko Batam ini sudah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Petugas penyembelih bersertifikat dan diawasi dokter hewan DKPP Batam.

Saat ini, kata Mardanis, RPH dan RPU yang dikelola Pemko Batam hanya memiliki satu juru sembelih hewan. Karena itu pihaknya mengajukan penambahan juru sembelih. 
“Ini upaya kami menghadirkan daging yang aman, halal dan utuh bagi konsumen. Semua hewan wajib dipotong di RPH dan RPU,” ujarnya.
Mardanis mengatakan kebanyakan ayam atau unggas yang dikonsumsi masyarakat dipotong di pasar. Hal ini melanggar Peraturan Daerah (Perda) tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.
“Di pasar belum terjamin kehigienisannya. Jadi kami meminta asosiasi peternak untuk bisa mendukung program pemerintah soal RPH ini,” kata dia.
Asisten Administrasi Umum Setdako Batam, Zarefriadi mengimbau kepada persatuan peternak yang ada di Batam untuk bisa menggunakan RPH dan RPU ini sebaik mungkin.
“Setiap ada hal baru belum tentu diterima dan mungkin menimbulkan konflik, namun ini harus dijalankan agar semua bisa merasa aman. Mungkin belum saat ini tapi bertahap kami harapkan peternak memahami pentingnya memotong di rumah potong,” tutur Zarefriadi saat meresmikan RPH dan RPU mewakili Walikota Batam.
(humas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot