Batam Jadi Penyumbang Wisman Terbesar di Provinsi Kepri - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 05 Maret 2019

Batam Jadi Penyumbang Wisman Terbesar di Provinsi Kepri

BATAM - Wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Kota Batam pada Januari 2019 tercatat sebanyak 131.490 kunjungan. Jumlah ini naik 13,79 persen dibanding Januari 2018 sebanyak 115.551 kunjungan wisman.
“Batam masih jadi penyumbang wisman terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Nomor dua itu Bintan, sekitar 40 ribu wismannya,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Rahyudin di Batam Centre, Senin (4/3/2019).
Ia mengatakan tahun lalu Kota Batam berhasil memenuhi target kunjungan wisman yang ditetapkan Kementerian Pariwisata, sebesar 1,8 juta. Total kunjungan pada 2018 tercatat 1.887.244 wisman.
Sementara tahun 2019 ini, target yang ditetapkan untuk Batam yakni 2,4 juta kunjungan wisman. Artinya dalam satu bulan minimal 200 ribu kunjungan wisman ke Batam.
“Jika melihat grafik, kondisi bagus di Maret, Juni, September, Desember,” ujarnya.
Asal negara wisman masih didominasi Singapura. Pada Januari 2019 jumlah wisman Singapura yang masuk ke Batam sebanyak 69 ribu kunjungan. Selanjutnya Malaysia, China, India, Korea Selatan.
“Grafiknya cenderung tetap. Artinya komposisinya sama. Karena itu saya lihat sekarang Dinas Pariwisata sedang gencar menarik wisman India. Karena untuk Singapura, Malaysia, tanpa perlu dirayu juga sudah pasti datang,” tuturnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan ada lima pintu masuk laut yang biasa dilalui wisman ke Batam. Yakni pelabuhan feri internasional Sekupang, Marina City, Nongsa Pura, Harbour Bay, dan Batam Centre.
“Jumlah keberangkantan dan kedatangan Ferry Batam-Singapura (PP) 105 kali setiap hari. Weekend (akhir pekan) ditambah enam kali menjadi 111 kali. Untuk ke Johor Baharu Malaysia 23 kali sehari,” kata Ardi.
(humas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot