Rudi Titip Kepada Masyarakat Gunakan Dana Dengan Baik Melalui Musrenbang - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 29 Januari 2019

Rudi Titip Kepada Masyarakat Gunakan Dana Dengan Baik Melalui Musrenbang

BATAM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan mulai dilaksanakan, Senin (28/1). 
Tiga kelurahan pertama yang menggelar musrenbang yakni Sei Panas, Belian, dan Baloi Permai. Ketiganya termasuk dalam wilayah Kecamatan Batam Kota.
Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan tahun ini semakin banyak dana yang dikucurkan untuk pembangunan di tingkat kelurahan. Selain dana percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) juga ada dana alokasi umum tambahan atau dana kelurahan dari pemerintah pusat.
“Sesuai RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah), jalan lingkungan pada 2021 harus selesai. Karena itu kami anggarkan PIK yang jumlahnya tiap tahun meningkat. Saat ini dana PIK Rp1,3 miliar tiap kelurahan,” kata Rudi di Kelurahan Belian.
Tahun ini, sambungnya, atas prakarsa Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan melihat contoh di Batam, mulai dikucurkan dana kelurahan. Pada tahun pertama ini, tiap kelurahan di Batam menerima lebih kurang Rp 350 juta.
“Maka saya titip kepada masyarakat, gunakan dana ini dengan baik, terutama untuk jalan dan drainase. Silakan dirembuk melalui musrenbang dengan baik, utamakan yang prioritas. Dan kepada camat, lurah, LPM, RT, RW, jangan pilih kasih. Ini untuk kita semua,” pesannya.
Khusus PIK, kata Rudi, akan diprioritaskan untuk mulai dikerjakan di awal tahun. Mulai dari sekarang lurah, camat, RT, RW, dan LPM sudah bisa bekerja untuk persiapan PIK ini. Sehingga pelaksanaannya bisa selesai sebelum akhir tahun.
Sementara itu, Camat Batam Kota, M Fairuz mengatakan masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan pembangunan di tingkat pemukiman. Sudah banyak jalan dan drainase lingkungan yang dibangun melalui program PIK ini.
“Melalui musrenbang hari ini, kita usulkan lagi program pembangunan di kelurahan untuk tahun 2020,” tuturnya.
Adapun sepuluh usulan prioritas untuk Kelurahan Belian yakni pembangunan drainase saluran parit besar di Odessa sepanjang 1500 m, gorong-gorong di Taman Raya tahap I sepanjng 600 m, tanggul batumiring Batara Raya 500 m,  gedung sekolah dasar di Botania Garden, dan pembangunan SMP di perumahan Pesona Asri. Kemudian penambahan ruang kelas baru di SDN 006 Batam Kota, jalan masuk Taman Raya tahap III 400 m, drainase lanjutan Valencia hingga Taman Raya volume 800 m, pembagunan GOR mini di Nadim Raya, serta batu miring di Pesona Boulevard sepanjang 400 m.
(humas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot