Bus Terbakar dan Tabrak Pohon Hingga Hancur, 20 Buruh Tewas - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 31 Maret 2018

Bus Terbakar dan Tabrak Pohon Hingga Hancur, 20 Buruh Tewas

Foto Ilustrasi.
BURUHTODAY.COM - Sebanyak 20 buruh tewas dalam kecelakaan bus tingkat atau double decker pengangkut buruh migran di Provinsi Tak, Thailand, Jumat (30/3/2018) pagi. Bus tiba-tiba terbakar dalam perjalanan menuju kawasan industri di dekat Bangkok.

Berdasarkan laporan kepolisian, bus terbakar sekitar pukul 01.30 waktu setempat. Lokasi kecelakaan dekat dengan perbatasan Myanmar. Bus itu mengangkut para pekerja pabrik asal Myanmar.

Pejabat kepolisian setempat, Raewat Aiemtak, mengatakan, 27 orang berhasil menyelamatkan diri, namun seorang di antaranya menderita luka bakar.

Api muncul pertama kali dari bagian tengah dan menyebar dengan cepat. Tak diketahui apa penyebab  munculnya api. Penumpang di bagian depan bisa menyelamatkan diri, namun mereka yang berada di belakang terjebak dan tewas terbakar.

Ini merupakan kecelakaan bus mematikan kedua dalam sekitar sepekan terakhir. Pada 21 Maret, 18 orang tewas setelah bus pariwisata yang juga double decker hilang kendali lalu menabrak pohon hingga terpotong dua di Provinsi Nakhon Ratchasima.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menempatkan Thailand di posisi kedua dalam daftar jumlah korban tewas terbanyak akibat kecelakaan lalu lintas, setelah Libia.

Sebelumnya diberitakan, setidaknya 17 orang tewas dalam kecelakaan bus tingkat di Provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand, Rabu 21 Maret 2018 malam. Bus pariwisata mengangkut 50 orang yang hendak pulang setelah berlibur itu menabrak pohon.

"Sejauh ini korban tewas 17 dan 33 lainnya luka," kata seorang pejabat dinas kesehatan Nakhon Ratchasima, dikutip dari AFP, Kamis (22/3/2018).

Di antara korban tewas, 10 di antaranya dalam kondisi kritis dirawat di rumah sakit terdekat.

Seorang pejabat badan mitigasi dan penanganan bencana Nakhon Ratchasima mengatakan, penyebab kecelakaan karena pengemudi hilang kendali saat melajukan bus di jalan menurun. Bus lalu keluar jalur dan menabrak pohon besar dalam kecepatan tinggi.

"Bus terbagi menjadi dua bagian," kata dia

Keterangan lain yang disampaikan Pornpattana Pisitkarn dari kepolisian Udomsap mengatakan, pengemudi hilang kendali karena rem blong.

Angka kecelakaan lalu lintas di Thailand tergolong tinggi. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, 24.000 orang tewas setiap tahunnya karena kecelakaan lalu lintas. Lebih dari setengahnya melibatkan kendaraan roda dua, seperti sepeda motor, sepeda, dan bus pariwisata.

Pada November 2017, 13 wisatawan Myanmar tewas setelah mobil van yang mereka tumpangi bertabrakan dengan truk lalu dan terbakar.

sumber : inews.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot