Plat Besi di Tabung LPG 3 Kg, Ini Jawab PT Pertamina (Persero) Batam - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 09 Maret 2017

Plat Besi di Tabung LPG 3 Kg, Ini Jawab PT Pertamina (Persero) Batam

BATAM - Terkait plat besi yang menempel di tabung LPG 3 kg sudah banyak beredar di masyarakat. PT Pertamina (Persero) Batam menyatakan plat besi yang menempel adalah plat balancer yang dipasang pada saat Re Sertifikasi untuk mengkalibrasi berat tabung.

"Selamat siang, maaf sdg sertijab.Dapat kami sampaikan untuk perihal lempeng yang terdapat di tabung elpiji 3 kg adalah plat balancer. Maka dapat kami sampaikan bahwa plat balancer dipasang pada saat Re Sertifikasi untuk mengkalibrasi berat tabung sehingga berat tabung sesuai dengan berat kosong yang tertera pada tabung" ujar Erika selaku manajemen Pertamina, Kamis(9/3/2017) melalui pesan singkat.

Baca : Plat Besi di Tabung LPG 3 Kg, PT Sarana Jaya Nusa : Itu Urusan Pertamina

Lanjut Erika, Berikut untuk penjelasannya :
  1. Tabung LPG 3 kg memiliki berat kosong : 5 kg, masa edar tabung LPG 3 kg adalah 5 tahun. Informasi tersebut tertera pada tabung LPG 3 kg.
  2. Apabila masa edar sudah mencapai 5 tahun maka tabung ditarik untuk dilakukan pengetesan ulang dan dilakukan Re Sertifikasi Kelayakan Edar terhadap Tabung LPG 3 kg.
  3. Tabung LPG 3 kg termasuk kategori Bejana Tekan dan untuk proses Re Sertifikasi dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja.
  4. Dinas Tenaga Kerja merupakan Instansi yang memiliki kewenangan dalam pengawasan Bejana Tekan dan mengeluarkan Sertifikasi Kelayakan Edar Tabung.
  5. Salah satu tahapan dalam proses pengetesan ulang dan Re Sertifikasi Bejana Tekan, tabung LPG 3 kg kondisi kosong dikalibrasi berat kosongnya
    Ada 2 kondisi :
    a. Apabila berat tabung kosong dibawah 5 kg dan diluar range toleransi maka tabung LPG 3 kg akan di tarik dan tidak diedarkan kembali
    b. Apabila berat tabung kosong dibawah 5 kg namun masih didalam range maka dilakukan kalibrasi dengan menambahkan plat balancer. Apabila Tabung yang sudah dikalibrasi memenuhi ketentuan lainnya yang dipersyaratkan oleh Dinas Tenaga Kerja maka tabung tersebut akan diedarkan kembali selama 5 tahun.
  6. Tabung LPG 3 kg kondisi kosong yang sudah Layak Edar dan mendapat Sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja akan dikirim ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji untuk dilakukan pengisian.
  7. Dengan Tabung LPG 3 kg yang memiliki berat kosong presisi 5 kg maka proses pengisian LPG ke dalam tabung menjadi lebih akurat dan tidak merugikan Konsumen.

Baca : Warga Batam Resah, Ada Plat Besi Menempel di Tabung LPG 3 Kg 

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi Contact Pertamina – layanan 24 Jam melalui telepon dengan nomor 1500 000 (All cities in Indonesia), E-mail pcc@pertamina.com, atau kunjungi website kami di www.pertamina.com" pungkasnya mengahiri pesan singkat yang dikirim.

red.

Post Top Ad

Your Ad Spot