Proyek Pipanisasi Milik PT ATB Diduga Abaikan Hak Buruh - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 28 Februari 2017

Proyek Pipanisasi Milik PT ATB Diduga Abaikan Hak Buruh

BATAM - Sejumlah buruh yang bekerja pada proyek pipanisasi saluran air besih milik PT ATB di Batu Aji diduga tidak dicover BPJS Ketenagakerjaan, dan tidak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD).

Salah satu buruh ketika dikonfirmasi mengaku tidak ada BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Bahkan mereka juga tidak mengetahui perusahaan apa yang mempekerjakannya.

"Kami harian bang, kalau nama perusahaan saya lupa. Abang tanya aja yang di depan SP, disana juga ada tukang gali mungki mereka tau. BPJS kami tak punya," ungkap salah satu buruh, Senin (28/2/2017) ketika dikonfirmasi di depan perumahan Villa Muka Kuning Batu Aji.

Hal senada juga disampaikan buruh lainnya, mereka mengaku tidak mengatahui perusahaan apa yang mempekerjakan. Mereka hanya tau bahwa proyek yang dikerjakan adalah milik PT ATB.

"Kami dari pulau bang (Barelang-red), kami juga hanya bekerja saja disini disuru pemborong, " ujar buruh yang dipenuhi lumpur tanah di depan SP Plaza.

Namun ketika disinggung berapa upah yang didapat, buruh tersebut terkesan enggan memberitau dan seperti ketakutan.

"Kalau kami harian saja. kalau gaji langsung dikasi sama pemborongnya," katanya.

Sementara itu, manajemen PT ATB ketika dikonfirmasi terkait adanya pekerjaan pipanisasi yang diduga melakukan pelanggaran Undang-Undang Ketenagakerjaan. Manajemen ATB tersebut hanya mengaku adanya pekerjaan pipanisasi.

"Ya benar ada," ungkap salah satu perwakilan manajemen PT ATB, melalui pesan singkat.

tim.

Post Top Ad

Your Ad Spot