Pengawasan Pemerintah dan BPJS TK Lemah Pada Proyek Sipil di Batam - BURUH TODAY


Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 16 Februari 2017

Pengawasan Pemerintah dan BPJS TK Lemah Pada Proyek Sipil di Batam

BATAM - Banyak proyek-proyek swasta maupun pemerintah yang bergerak di bidang sipil yakni proyek pembangunan, galian pipa dan kabel luput dari pengawasan Pemerintah kota Batam melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara pelaksanaan proyek banyak dilakukan ditempat-tempat umum seperti perumahan atau pinggiran jalan protokol. Seperti proyek galian pipanisasi PGN dan ATB, galian kabel PLN dan Telkom. Akan tetapi hak-hak normatif bagi para buruh yang di pekerjakan perusahaan pelaksana tersebut sering terjolomi.

Pantuan dilapangan, setiap aktivitas pekerjaan proyek di lapangan, perusahaan pelaksana jarang memasang spanduk BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan para buruh juga masih banyak didapati tidak menggunakan alat pelindung diri (PAD) di lokasi proyek, hal ini jelas saja memperlihatkan bahwa perhatian pemerintah tidak pernah ada pada para buruh.

"Kita bukan orang Batam mas. Disini juga gaji kami kecil dan BPJS tidak ada, yang penting bisa kerjalah," ungkap salah satu buruh galian pipa PGN, sambil duduk berpeluh debu dan keringat. beberapa waktu lalu.

Ia mengaku berasal dari Brebes Jawa Tengah, Akan tetapi lelaki berbadan sedang tersebut tidak mengetahui perusahaan apa yang telah merekrutnya dari pulau jawa ke Batam.

"Gak tau mas, yang kami tau pemborong aja. Dan kami juga dikasi tempat tinggal, dan kalau makan tanggung sendiri," tuturnya.

red/frans





  

Post Top Ad

Your Ad Spot