Home » » Mantap, Disnakertrans Banyumas Sediakan 2.687 Lowongan Kerja

Mantap, Disnakertrans Banyumas Sediakan 2.687 Lowongan Kerja

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Kamis, 18 Agustus 2016

PURWOKERTO - Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi( (Dinsosnakertran) yang berlamat di Jalan Pemuda No.24 Purwokerto menggelar pameran bursa kerja selama 3 hari yakni Kamis,18 - Sabtu,20- Agustus 2016.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Dinsosnakertran, Indra Syamsu, mengatakan pameran bura kerja ini diikuti sebanyak 30 perusahaan lokal dan nasional. Antara lain perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan, perbankan, otomotif, rumah sakit, dan kuliner.

Ia menjelaskan, jumlah lowongan kerja yang disediakan dalam bursa kerja tahun ini sebanyak 2.687 lowongan. Lowongan itu terdiri dari lowongan untuk pencari kerja laki-laki sebanyak 1.101 lowongan dan untuk pencari kerja perempuan sebanyak 1.586 lowongan.

“Setiap tahun kami menggelar pameran bursa kerja untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dan perusahaan. Kegiatan ini diikuti perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi formasi yang dibutuhkan,” katanya, kemarin.

Memilih Pekerjaan

Menurut Dia, pameran merupakan sebuah kesempatan untuk memilih dan memperoleh pekerjaan. Para pencari kerja dapat memasukkan lamaran langsung ke bagian rekruitmen masingmasing perusahaan. Pencari kerja juga dapat memperoleh informasi posisi pekerjaan lebih akurat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas kesempatan kerja. Pemkab berupaya memfasilitasi pencari kerja agar memperoleh pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. kami berharap kegiatan ini dapat mengurangi angka pengangguran,” katanya. 

Berdasarakan data Dinsosnakertran, jumlah pencari kerja tahun ini (hingga Juli) tercatat sebanyak 7.835 orang, terdiri dari 3.256 laki-laki dan 4.579 perempuan. Namun, dari jumlah itu belum semuanya mendapatkan pekerjaan.

Meskipun setiap bulan pihaknya sudah bekerjasama dengan perusahaan untuk mengadakan seleksi langsung di Dinsosnakertran, namun belum terserap semuanya. Jumlah pencari sebagian besar didominasi lulusan SLTA dan masih dalam usia produktif. Jumlah pengangguran, menurutnya, dalam kurun waktu empat tahun terakhir mengalami penurunan.

Berdasarkan data yang ada, jumlah pengangguran tahun 2012 lalu tercatat sebanyak 78.465, kemudian tahun 2013 (53.979), 2014 (45.321) dan 2015 (39.688).

(sumber : SuaramerdekaCetak)
Share this post :

Facebook Comments