Home » » Unik, Ribuan Buruh Pabrik Rokok Berkebaya dan Lurik Peringati Hari RA Kartini

Unik, Ribuan Buruh Pabrik Rokok Berkebaya dan Lurik Peringati Hari RA Kartini

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 22 April 2016

Kudus,Buruhtoday.com - Memperingati hari Kartini, 2000 buruh wanita PT Djarum Kudus menegenakan pakaian kebaya dan buruh lelaki menggunakan lurik lengkap pakai blangkon. Kamis(21/4/2016).

Ribuan buruh ini menggunakan momen spesial ini untuk mengenang RA Kartini, mereka meluangkan waktu sejenak untuk berdoa. Kemudian membacakan sajak dan bernyanyi koor dengan lagu "Ibu Kita Kartini" yang dikomandoi salah satu dari buruh. 
 
Siti Khamidah, salah satu dari buruh wanita secara khusus berkirim sajak untuk pahlawan emansipasi seorang wanita pejuang itu. Ia maju membacakan puisi  “Wajah-wajah Masa Silam” karya sastawaran Kudus Jumari HS. Jumari tak lain supervisor di brak SKT Pengkol.

//Wajah-wajah masa silam itu
bersembunyi di balik jiwaku
Kadang hadir dalam kesunyian
di mana, saat aku sendirian, 
mereka memeras air mata yang membuat aku malu sendiri
Begitu lukanya memerih dan sakitnya
seperti rintihan yang menyembilu//

Begitu potongan bait puisi Wajah-wajah Masa Silam. Siti Khamidah mengatakan, nyanyian dan sajak itu khusus dikirimkan untuk RA Kartini yang sudah menginsiprasi para perempuan Indonesia untuk maju dan setara dengan kaum Adam.

“Kami ingin momentum peringatan Hari Kartini tak terlewat begitu saja. Kami para buruh perempuan meneladani dan belajar dari semangat RA Kartini,” katanya.

sumber suaramerdeka.com
Share this post :

Facebook Comments