Home » , , » Tahun 2015 : Indonesia Miliki Tiga Prioritas Politik Luar Negeri

Tahun 2015 : Indonesia Miliki Tiga Prioritas Politik Luar Negeri

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 09 Januari 2015


Jakarta,Buruhtoday.com -  Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri ( Menlu ) RI menerangkan ada tiga prioritas diplomasi luar negeri Indonesia untuk lima tahun kedepan di era kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi).

"Ini termasuk perlindungan terhadap kedaulatan wilayah Indonesia," ujar Retno dalam pidatonya pada acara Pernyataan Pers Tahunan Kemlu RI di kantornya, Jakarta, Kamis (8/1).

Ia menerangkan pergaulan internasional harus didasari pada prinsip penghormatan terhadap integritas wilayah teritorial masing-masing negara. Indonesia tidak akan membiarkan prinsip-prinsip tersebut dilanggar pihak lain. Di antaranya menjadi perhatian khusus dalam isu tersebut yakni penyusunan roadmap perundingan perbatasan maritim.

Prioritas kedua adalah meningkatkan perlindungan terhadap warga negara dan badan hukum Indonesia. Perlindungan dimaksud ditujukan kepada buruh migran. Menurut Retno, Indonesia hanya akan melakukan kerja sama pengiriman buruh migran apabila negara tujuan memiliki peraturan nasional yang mengatur perlindungan terhadap buruh migran asing.

Sementara prioritas ketiga dalam diplomasi Indonesia selama 2015 ke depan adalah diplomasi ekonomi. 

Retno menilai kerja sama regional dan internasional di bidang infrastruktur maritim, energi, perikanan dan pelestarian lingkungan bahari akan ditingkatkan.

"Karena itu illegal fishing harus dihentikan. Indonesia siap kerjasama dengan negara lain dan pemberantasan illegal fishing," ujar dia. 

( Sumber:Investor Daily & Berita satu.com )
Share this post :

Facebook Comments