Home » , » Pembelian Mobil Mewah Persiapan MTQ Nasional Batam Di Duga Kuat Ada Permainan Korupsi

Pembelian Mobil Mewah Persiapan MTQ Nasional Batam Di Duga Kuat Ada Permainan Korupsi

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Kamis, 29 Mei 2014

Oknum Anggota Dewan Diduga Kongkalikong dengan Pemko Batam untuk Loloskan Anggaran

Batam,Buruhtoday - Pembelian beberapa mobil mewah dan minibus dengan dana APBD Perubahan Batam 2013 untuk membawa tamu kenegaraan maupun tamu lainnya pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) Nasional di Batam bulan Juni 2014 mendatang diduga sarat korupsi. Empat orang oknum anggota DPRD Batam diduga kongkalikong dengan Pemko Batam untuk meloloskan anggaran pengadaan mobil setelah sebelumnya ditolak oleh Banggar DPRD Batam.

Ketua Komisi II DPRD Batam, Yudi Kurnain mengaku bahwa usulan pengadaan tiga unit mobil mewah jenis Toyota Camry senilai Rp 1,4 Miliar sebelumnya sudah dicoret pada pembahasan Tim Banggar, namun anehnya saat pengesahan anggaran tersebut justru diloloskan.

“ Saya heran, itu sudah dicoret di Banggar, tetapi kenapa tiba-tiba lolos,” ujar Yudi Kurnain beberapa waktu lalu seperti dikutip dari salah satu media lokal di Batam.

Yudi juga mengungkapkan pihaknya sudah melakukan investigasi internal untuk mengetahui siapa oknum dewan yang bermain untuk meloloskan usulan pengadaan mobil mewah tersebut.

“ Dari hasil investigasi internal memang ada (oknum anggota Dewan,red), Investigasi ini belum tentu benar, tapi bisa diklarifikasi nanti kepada saudara Surya Sardi, Irwansyah, Haris Ardi Halim dan Edward Brando,” ujarnya.

Selain dugaan adanya kongkalikong antara oknum dewan dengan pemko batam untuk meloloskan anggaran, dugaan korupsi pengadaan mobil mewah tersebut juga disinyalir terjadi pada proses tender yang tidak mengacu kepada transparansi dan akuntabilitas. Bahkan diduga kuat pengadaan mobil mewah tersebut tidak melalui proses tender namun hanya penunjukan langsung.

Untuk memastikan dugaan tersebut awak media ini kemudian mengecek di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batam, namun tidak ditemukan adanya pengadaan mobil mewah pada periode akhir tahun 2013.

Sementara itu dari hasil pantauan media ini di Gudang Aset Pemko Batam yang berada di daerah kawasan perumahan Dinas Pegawai Negeri Batam, Sekupang, 6 unit mobil mewah untuk kegiatan MTQ Nasional yakni 3 unit jenis Toyota Camry, 2 unit mini bus dan 1 unit Toyota Fortuner terparkir rapi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Agussahiman ketika dikonfirmasi mengaku bahwa proses pengadaan mobil mewah tersebut sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, namun ia tidak bersedia merinci berapa nilai anggaran yang digunakan untuk membeli mobil mewah tersebut.

“Itu sudah sesuai mekanisme, kalau mau lebih jelas silahkan konfirmasi langsung ke Kabag Aset dan Perlengkapan Pemko Batam,” ujarnya dari balik telepon.

Helwani selaku Kabag Aset dan Perlengkapan Pemko Batam hingga berita ini diunggah masih bungkam dan tidak bersedia memberikan konfirmasi terkait proses pengadaan mobil mewah senilai miliaran rupiah tersebut.

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata berdalih belum mengetahui permasalahan tersebut dan hanya menjanjikan akan menghubungi Kabag Aset dan Perlengkapan untuk mengecek informasinya.

“Nanti saya cek dulu ke Kabag Aset,” ujarnya singkat



Sumber SK & Tim.






Share this post :

Facebook Comments