Home » » Buruh Batam Akan Tuntut Kenaikan UMK Sebesar 50%

Buruh Batam Akan Tuntut Kenaikan UMK Sebesar 50%

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Jumat, 25 Oktober 2013

Batam,Buruhtoday – Sebanyak 15 ribu para buruh akan melakukan aksi unjuk rasa ke jalan pada tanggal 28 Oktober – 1 Nompember mendatang, buruh menuntut agar kenaikan UMK pada tahun 2014 naik sebesar 50 %.

Setiap tahunnya para buruh yang tergabung dalam organisasi serikat buruh/pekerja yang ada dikota batam akan turun kejalan untuk melakukan aksi unjuk rasa untuk memperjuangkan UMK Kota Batam.
Seperti pada tahun-tahun  sebelumnya, ribuan buruh ini akan selalu berkonsentrasi terlebih pada titik-titik jalan masuk ke perusahaan seperti  Simpang baskam batu aji,simpang Dam Mukakuning, Batuampar, Sekupang dan Kabil sebelum menuju ke kantor Walikota Batam.  

Suprapto selaku Sekretaris Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam mengatakan, sesuai dengan surat pemberitahuan yang sudah dilayangkan, aksi unjuk rasa yang akan dilakukan dari tanggal 28 Oktober sampai 1 Nopember mendatang.

Ada empat tuntutan yang akan disampaikan kepada pemerintah. Antara lain, UMK 2014 naik 50 persen, jalankan jaminan kesehatan mulai 1 Januari 2014 tanpa tahapan, hapus outsourching dan segera sahkan RUU PRT (Pekerja Rumah Tangga).Kenaikan UMK 2014, sebesar 50 persen harga mati. Dan kita tetap perjuangkannya. Selasa lalu, pembahasan UMK dilanjutkan dan FSPMI tetap mengawal. Tidak ada intervensi, ini menyangkut nasib buruh,katanya.

Selain itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) harus diterapkan 1 Januari 2014. Tidak ada lagi tahapan-tahapan, yang jelas jaminan sosial untuk masyarakat itu harus benar-benar diterapkan sesuai dengan undang-undang.

Tidak ada lagi namanya tahapan-tahapan. Mulai 1 Januari 2014, BPJS harus diterapkan dan dilaksanakan dengan baik,dalam aksi nanti mendesak pemerintah untuk mengesahkan RUU PRT menjadi UU. "Selama ini PRT selalu menjadi korban," ungkap prapto.

(don/ton)
Share this post :

Facebook Comments