Ini Alasan Wanita Kerap Ungkit Masalalu saat Bertengkar - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Jumat, 13 September 2019

Ini Alasan Wanita Kerap Ungkit Masalalu saat Bertengkar

Pria cenderung ogah beradu argumen dengan wanita. Pasalnya, adu argumen dengan wanita tak akan ada habisnya. Wanita selalu condong merasa benar dan merasa tahu apa yang dipikirin orang lain, termasuk apa yang ada di kepala pria.

Mengapa Wanita selalu merasa benar akan segala sesuatu? Karena merasa dia punya intuisi, punya naluri yang lebih baik dibanding Pria. Wanita adalah mahluk yang berpikir dengan emosi, apa aja yang diliat dan dipikirkannya pasti langsung terkait dengan emosinya.
Wanita selalu pandai mencari celah kesalahan pria atau lawan bicara di masa lalu hingga hal paling sepele sekalipun.

Sifat 'hobi' mengungkit kesalahan masa lalu memang identik pada kaum hawa. Sifat itu tak muncul ujug-ujug. Ada sederet faktor yang melatarbelakanginya.

Konon, wanita dianugerahi ingatan yang lebih baik ketimbang pria. Ini pula yang menjadi alasan utama dari hobi wanita mengungkit masa lalu.

Hal itu diketahui melalui studi yang diinisiasi oleh psikolog Martin Asperholm bersama Karolinska Institutet Sweden. Penelitian menganalisis 617 studi dengan tema serupa yang dikumpulkan dalam kurun waktu 1973-2013, mengutip dari CNN, Jumat (13/09/19).

Hasilnya, dibanding pria, wanita unggul dalam mengingat percakapan atau sesuatu yang telah lama hilang. Memori episodik adalah salah satu penyebabnya. Ia adalah kemampuan otak untuk mengingat peristiwa secara runut dan detail.

"Riset menunjukkan wanita punya kelebihan dalam memori episodik. Kelebihan itu bervariasi, tergantung dari hal apa saja yang diingat," kata Asperholm, melansir Daily Mail.

Dengan kemampuan memori episodik yang dimiliki, tak heran jika perempuan selalu mengingat banyak hal, hingga yang terkecil sekalipun. Hal itu pula yang membuat wanita kerap mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu saat bertengkar.

Riset juga mengindikasikan bahwa wanita memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengingat wajah dan memanggil kembali memori yang berhubungan dengan indera, seperti aroma.

Kendati demikian, bukan berarti wanita berkuasa sepenuhnya soal ingatan. Pria juga diketahui memiliki keunggulan, utamanya dalam ingatan yang berkaitan dengan ruang atau lokasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar