Dosen Poltek Gelar Pelatihan Cara Pembuatan Peta Desa dan Kelurahan - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com

Post Top Ad

Rabu, 07 Agustus 2019

Dosen Poltek Gelar Pelatihan Cara Pembuatan Peta Desa dan Kelurahan

BATAM - Dosen Politeknik Negeri Batam memberikan bimbingan teknis tentang cara pembuatan peta desa dan kelurahan kepada aparat pemerintahan di Kecamatan Galang. Pelatihan ini dilaksanakan oleh dosen program studi Teknik Geomatika Jurusan Teknik Informatika dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.
Bimtek pembuatan peta desa dan kelurahan ini digelar di Aula Kantor Camat Galang, Selasa (6/8/2019). 
Pesertanya yakni pegawai kecamatan, para lurah, sekretaris lurah, dan perangkat kelurahan se-Galang.
“Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat,” kata Kepala Program Studi Teknik Geomatika, Sudra Irawan.
Ia menceritakan asal mula ide kegiatan ini adalah hasil pengamatan lapangan. Mereka menemukan masih banyak kecamatan dan kelurahan yang belum memiliki peta wilayah masing-masing. Kalaupun ada, peta yang dimiliki belum sesuai dengan kaidah kartografis. Kondisi ini tak hanya terjadi di Galang, namun di banyak wilayah Indonesia.
“Politeknik Negeri Batam sebagai pusat pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang cara membuat peta terutama peta desa dengan baik dan benar,” ujarnya.
Pelatihan dimulai dengan penyampaian materi ruang lingkup informasi geospasial dan sosialisasi penggunaan peta oleh Sudra Irawan. Kemudian dilanjutkan dengan latihan penggunaan GPS Handheld oleh Oktavianto Gustin. Alat ini berfungsi untuk merekam data spasial seperti fasilitas umum dan lokasi wisata. Selanjutnya praktik pembuatan peta desa dengan menggunakan software Argish yang disampaikan Arif Roziqin.
Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Prodi Teknik Geomatika untuk membimbing secara teknis saat penggunaan GPS Handheld dan software Argish. Mahasiswa tersebut adalah Fajar Muliana, Muslimin, Vina Selvia Dwiyanti, dan Gregorius Harry Saktian Sinaga.
Sudra menjelaskan kegiatan ini didanai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Skema Hibah Program Kemitraan Masyarakat yang diterima dosen Politeknik Negeri Batam.
Sekretaris Camat Galang, Ute Rambe menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan Poltek Negeri Batam tersebut.
“Terima kasih kepada Politeknik Negeri Batam yang telah peduli dan bersedia membagikan ilmunya kepada kami melalui kegiatan bimtek ini,” kata Ute.
Ia berharap setelah pelatihan ini para lurah beserta jajarannya mampu membuat peta kelurahan sendiri. Sehingga dapat bermanfaat dan dijadikan dasar dalam pengembangan kelurahan ke depan.
(humas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar