Pengangguran Akan Berkurang di Batam, Disnaker Sebut Ada Perusahaan Akan Merekrut 5.000 Pekerja - BURUH TODAY

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 01 Maret 2018

Pengangguran Akan Berkurang di Batam, Disnaker Sebut Ada Perusahaan Akan Merekrut 5.000 Pekerja

Foto : Ilustrasi/net.
BATAM - Salah satu perusahaan galangan kapal di kawasan Batuampar berencana akan merekrut ribuan buruh dalam waktu dekat. Hal itu dikatakan Kepala Disnaker Batam Rudi Sakyakirti, Rabu (28/2/2018).

“Ada sekitar lima ribu karyawan. Kemarin perusahaannya sudah bertemu dan melaporkan rencana perekrutan ini,” ujar

Namu saat disinggung nama perusahaan yang akan melakukan perekrutan, Rudi tak mau menyebut nama perusahaan yang dimaksud.

Bahkan menurut Rudi, April mendatang juga akan ada perusahaan lain yang akan merekrut karyawan baru meskipun jumlahnya tak banyak.

“Paling 500 orang. Sebelumnya mereka sudah minta bantuan kami terkait perekrutan tahap pertama akhir Januari lalu. Ya mudah-mudahan kondisi ekonomi makin membaik,” kata Rudi, yang lagi-lagi tanpa mau menyebutkan nama perusahaan yang dimaksud.

Meski ada yang membuka lowongan kerja, namun Rudi juga tak menampik adanya perusahaan yang kemungkinan akan tutup di tahun ini. Hanya saja, kata dia, hingga Februari tahun 2018 ini, Rudi mengaku belum menerima informasi adanya perusahaan yang mengajukan untuk tutup beroperasi.

“Masih data yang lama, sekitar 57 perusahaan. Kondisi saat ini ada yang mengurangi, namun yang membuka juga ada,” kata mantan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam tersebut.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu beberapa perusahaan mengajukan untuk mengurangi jumlah karyawan mereka dengan alasan pekerjaan yang diterima perusahaan berkurang. “Sebenarnya tetap beroperasi, hanya karyawan harus ada yang dirumahkan karena mempertimbangkan biaya dan produksi perusahaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan pertumbuhan perekonmian Batam yang diharapkan bisa membaik tahun ini, sehingga juga bisa berdampak bagi kemajuan sektor industri. Imbasnya, terbuka lagi lowongan kerja di Batam.

Informasi akan adanya perusahaan yang membuka lowongan kerja itu disambut baik masyarakat. Murni, warga Batuampar mengaku gembira karena beberapa perusahaan akhirnya menyediakan lowongan kerja. “Soalnya banyak yang sebelumnya mengurangi karyawan. Tapi ini buka lagi, tentu kita senang,” ujarnya.

Sedangkan Budi, warga Tanjungsengkuang menyatakan antusias untuk memasukkan lamaran kerja ke beberapa perusahaan yang kabarnya membuka lowongan kerja itu. Meskipun, ia mengaku akan mencari tahu perusahaan apa yang dimaksud.

“Bahkan saya mau ajak adik ipar saya, karena dia juga lagi mencari pekerjaan,” katanya.

btp/batamonline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot