Saham Merosot, 1.400 Karyawan Ford Motor Segera di Pensiunkan Dini - BURUH TODAY

Breaking

BURUH TODAY

www.buruhtoday.com


Post Top Ad

Kamis, 18 Mei 2017

Saham Merosot, 1.400 Karyawan Ford Motor Segera di Pensiunkan Dini

NEW YORK - Rencana perusahaan mobil Amerika, Ford Motor untuk mempensiun dini kan sebanyak 1.400 karyawannya karena merosotnya saham perusahaan sebesar 2,5 % sejak Tahun 2012.

Mike Moran juru bicara Ford menyebutkan, perusahaan Ford memang melakukan pemotongan pekerja sebesar 10 persen atau 15 ribu pekerja setaraf manajer dan pekerja non produksi.

"Langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban biaya dan melakukan efisiensi," ujar Moran seperti dilansir Reuters, Kamis (18/5).

Moran mengatakan, perusahaan berharap para pekerja mau mengajukan pensiun dini dengan tawaran biaya pesangon yang cukup. Ia mengatakan, perusahaan berharap hingga akhir September ini menjadi batas waktu para pekerja melakukan pensiun dini.

Insentif sukarela ini, dikatakan Moran, akan ditawarkan kepada 9.600 hingga 30 ribu pekerja yang mau melakukan pensiun dini. Pada 2016 lalu, Moran menjelaskan, perusahaan sudah mengurangi biaya pekerja sebesar 200 juta dolar per tahun.

Ford tercatat mengalami kenaikan laba pada 2016 sebesar 10,4 miliar dolar Amerika. Ford diperkirakan juga akan meraup keuntungan sebesar 9 miliar dolar pada 2017 ini.

Namun, melihat pangsa pasar dan melambatnya penjualan karena berkurangnya permintaan membuat perusahaan melakukan strategi jangka panjang. Sebelumnya, Ford juga sempat membatalkan pendirian pabrik di Mexico. Pada kuartal pertama tahun ini Ford tercatat juga sudah memangkas biaya produksi sebesar 3 miliar dolar menyusul adanya perlambatan pernjualan mobil.

red/ Republika.co.id