Home » » Sepanjang Tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai Cairkan Dana JHT Sebesar Rp 31 Miliar

Sepanjang Tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai Cairkan Dana JHT Sebesar Rp 31 Miliar

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Sabtu, 13 Februari 2016

Foto : Int

Dumai,Buruhtoday.com - Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai, Rahmatul Hidayati mengatakan pihaknya telah menggelontorkan dana sebesar Rp31 miliar untuk pembayaran JHT di kota Dumai.

"Pada 2015 lalu kita memproses 5.242 kasus klaim JHT dan 90 persen karena pemutusan hubungan kerja," ujar Hidayati, kemarin.

Dijelaskan dia, klaim JHT akibat pemutusan hubungan kerja ini terdiri dari pekerja memasuki masa pensiun, mengundurkan diri, habis kontrak dan meninggalkan Indonesia serta lain sebagainya.

Namun bagi pekerja dengan kasus PHK sepihak dari perusahaan, BPJS Ketenagakerjaan hanya melayani proses pencairan klaim JHT jika sudah melalui penetapan pengadilan hubungan industrial.

"Manfaat JHT juga diklaim peserta mengalami cacat total tetap, meninggal dunia dan pencairan dana 10 persen untuk persiapan hari tua dan uang muka perumahan 30 persen," jelasnya, kembali.

Dia menerangkan, khusus pencairan 10 persen JHT untuk dana hari tua dan 30 persen uang muka perumahan, BPJS Ketenagakerjaan menyaratkan khusus hanya pekerja yang sudah bekerja dengan masa minimal 10 tahun.

Selain JHT, di 2015 lalu BPJS Ketenagakerjaan juga melayani klaim jaminan kecelakaan kerja sebanyak 163 kasus dengan Rp2,47 miliar dan jaminan kematian 164 kasus senilai Rp1,93 miliar.
 
Hidayati juga menambahkan, saat ini jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kota Dumai tercatat sebanyak 33.392 peserta yang bekerja di 1.533 perusahaan terdaftar.

BPJS Ketenagakerjaan cabang Dumai sejauh ini terus mendorong pengusaha dan pelaku usaha kecil menengah serta tenaga lepas di instansi pemerintah untuk mendaftarkan diri sebagai peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan agar terlindungi.

"Sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya BPJS tenaga kerja ini terus kita lakukan dengan berbagai iven dan kegiatan di seluruh lapisan masyarakat, perusahaan dan instansi pemerintah," akhirnya.

(sumber Riauheadline.com )
Share this post :

Facebook Comments