Home » » Masyarakat Batu Ampar Demo PT Aker Solutions

Masyarakat Batu Ampar Demo PT Aker Solutions

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Kamis, 20 Februari 2014

Batam,Buruhtoday – Ratusan masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Batu Ampar melakukan aksi demo ke PT Aker Solusion, menuntut agar managemen memperkerjakan masyarakat disekitar perusahaan menjadi karyawan.

Aksi demo yang dilakukan Aliasi Masyarakat Batu Ampar itu dimulai sejak pukul 08.30 wib, dimana aksi ini merupakan bentuk kekesalan mereka terhadap managmen PT Aker Solutions yang beralamat dikawasan tanjung sengkuang, dimana sejak adanya perusahaan itu, masyarakat setempat selalu menelan pil pahit saja, masyarakat hanya memakan abu dari kendaraan yang melintas dan tak jarang pula terjadi kecelakaan dijalan sehingga sangat berbahaya bagi masyarakat setempat yang melintas.

Masyarakat yang mendatangi PT Aker Solutions itu membawa spanduk dan bendera Aliansi Masyarakat Batu Ampar yang ditempelkan di pintu gerbang serta melakukan pemblokiran jalan pintu masuk perusahaan.rabu(19/02/2014).

Pasalnya, masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan itu katanya sudah bertahun-tahun menjatuhkan lamaran kerja ke dalam perusahaan, namun etikat baik dari perusahaan untuk memperdayakan masyarakat sekitarnya tidak ada sama sekali.

Tak lama setelah berorasi didepan perusahaan, pihak managemen keluar untuk menemui para pendemo dan meminta 4 orang dari mereka sebagai utusan perwakilan masuk kedalam kantor untuk melakukan perundingan. sementara itu, ratusan pendemo lainnya terlihat menunggu diluar pintu gerbang perusahaan dengan ber panas-panasan.

Suasana sempat memanas, dimana masyarakat yang menunggu Kurang lebih 1 jam dan tak sabar dengan hasil perundingan yang dilakukan teman-temanya tersebut, sehingga pintu gerbang sempat digoyang sehingga membuat seluruh security perusahaan,Polisi,TNI AL bergerak maju dan meminta dari masyarakat agar tidak anarkis.

Mendegar  suasana mulai memanas lalu satu orang dari tim perunding keluar terlebih dahulu, Doni selaku Ketua 1 bagian ketenaga kerjaan Aliansi Masyarakat Batu Ampar membawa hasil perundingan tersebut dan membacakannya didepan pintu gerbang perusahaan  ‘ pihak managemen PT Aker Solutions akan memberi informasi kepada 6 subcon yang ada didalam perusahaan agar memperhatikan masyarakat setempat untuk dipekerjakan dalam waktu dekat ini, kalau ada penambahan karyawan maka masyarakat setempat yang lebih di utamakan.’ katanya

Dan yang lebih parah lagi,Informasi yang di kutip Buruhtoday dari masyarakat. bahwa sebanyak 500 orang  karyawan yang dipekerjakan didalam perusahaan katanya, bukan masyarakat setempat melainkan masyarakat luar Batu Ampar.

Fajar selaku Kordinator aksi yang juga sekertaris Aliansi Masyarakat Batu Ampar mengatakan kepada Buruhtoday , sejak berdirinya perusahaan ditahun 1990 an, perusahaan PT Aker sama sekali tidak pernah melakukan pendekatan terhadap masyarakat setempat. malah lamaran kerjanya pun tidak ditanggapi, perusahaan malah mempeekerjakan orang yang tinggalnya di Batu Aji,bengkong dan lain-lain.

Menerutnya,perusahaan sungguh keterlaluan dan tidak ada menghargai masyarakat disekitar sisni, dimana area perusahaan ini banyak penduduknya yang belum bekerja. Maka dari itu kami mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Batu Ampar dengan managemen PT Aker sudah pernah mengadakan perundingan sebanyak 4 kali, namun perusahaan selalu berjanji saja dan tidak pernah melaksanakannya .malah informasi yang kami dapat perusahaan mengatakan bahwa Aliasi Masyarakat Batu Ampar tidak berkopoten (skill) untuk bekerja di dalam perusahaan PT Aker Solutions.jelasnya. 
Pihak PT Aker Solutions melalui security yang bertugas saat disambangi awak media ini, mengatakan tidak mau menerima pers,atau tidak ada komentar.

Redaksi.
Share this post :

Facebook Comments