Home » » Walikota Batam Minta Pemudik Jangan Bawa keluarga Non Skill

Walikota Batam Minta Pemudik Jangan Bawa keluarga Non Skill

Di Edit oleh admint dan BERITA BURUH | Senin, 05 Agustus 2013

Batam,Buruhtoday  - Walikota Batam Ahmad Dahlan mewanti-wanti warga Batam yang mudik ke kampung halamannya, agar tidak membawa saudara yang tidak ada keahlian (non skill) saat balik ke Batam. Sebab, Batam dikenal sebagai kota industri yang banyak membutuhkan tenaga terampil, sehingga mereka yang tidak ada skill dikhawatirkan hanya akan menjadi pengangguran.

Ahmad Dahlan mengatakan, di Batam lowongan kerja terbuka lebar. Hal ini terlihat dari berbagai pengumuman yang terpasang di media setiap hari. Namun demikian, permintaan tenaga kerja bagi perusahaan selalu tidak terpenuhi dengan kriteria. Perusahaan membutuhakan tenaga kerja yang memiliki keahlian atau skill.

" Karenanya saya imbau, kepada warga kita yang melakukan mudik ke kampung halaman, untuk tidak membawa keluarganya lah ke Batam saat kembali untuk niat mencari kerja. Kalaupun mau, bawa yang memang memiliki skil. Ingsinyur, dokter atau lainya lah gitu,"ujar Dahlan, kemarin.

Imbauan Dahlan bukan tanpa alasan. Menurut dia,  bila warga yang datang ke Batam tanpa skill, maka akan menjadi tanggung jawab bersama. Banyak yang mengandalkan tenaga. Dan ketika sudah kepepet menjadi terlunta-lunta dan kerja semrawutan.

Menurut Dahlan, pada bursa kerja beberapa tahun yang lalu, sekitar 5000 tenaga kerja yang dibutuhkan. Tapi, yang terserap hanya sekitar 3000 ribu orang. Artinya, lowongan itu ada, namun tidak bisa terpenuhi dengan sumber daya yang ada di Batam. Karenanya, perlu orang-orang yang handal untuk bersaing.

"Batam ini persaingan sangat ketat. Bila kita tidak memiliki skill, maka kita akan ketinggalan,"kata Dahlan.

(Red/Hk)
Share this post :

Facebook Comments